Peringati Hari Sumpah Pemuda, Beberapa Pemuda Jalan Kaki Keliling Pulau Tidore

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Beberapa Pemuda Jalan Kaki Keliling Pulau Tidore
Pemuda Pejalan Kaki Keliling Pulau Tidore (Tagi Yohu Kololi Kie Tidore)

MALUKU UTARA - Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda ke-93 tahun, beberapa orang pemuda di Kota Tidore Kepulauan Provinsi Maluku Utara, dengan antusiasnya berjalan kaki keliling dari Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara sampai ke Tidore Timur, mengakat tema "tagi yohu kololi Kie Tidore (jalan kaliling Pulau Tidore)", kegiatan tersebut dimulai pada pukul 02.20 WIT, Kamis (28/10/2021).

Dengan membawa bendera merah putih dan pamflet bertuliskan teks sumpah pemuda versi bahasa daerah Tidore, beberapa orang pemuda tersebut mulai berjalan kaki.

Menurut Nurdin, salah satu pejalan kaki mengatakan bahwa, kegiatan ini mengangkat tema "tagi yohu kololi Kie Tidore (jalan kaki keliling Pulau Tidore), adalah untuk memperingati hari sumpah pemuda yang ke-93, sekaligus bertepatan dengan ulang tahun Himpunan Pemuda Pelajar Mahasiswa Rum (HIPPMAR) yang ke-21.

"Jadi, ini sebuah kegiatan refleksi, kegiatan yang bertajub "tagi yohu kololi kie" sebenarnya sudah lama sebenarnya, waktu torang (kami) masih di bangku SMP itu sering dilakukan kegiatan seperti ini, sekarang sudah tidak lagi dilakukan, nah jadi sekarang torang (kami) coba lagi, mudah-mudahan kita bisa lalui itu, " ungkapnya.

Lanjutnya, untuk rutenya kita mulai dari Kelurahan Rum Kecamatan Tidore Utara, menuju Tidore Timur, kalau misalkan kita sampai ke Kecamatan Tidore dan ada upacara di kantor walikota, maka kita singgah untuk ikut upacara, namun jika tidak sempat ikut upacara maka kita lanjut perjalanan kembali menuju Kecamatan Tidore Utara.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini, semangat-semangat kaum muda sebagai embrio awal untuk kegiatan-kegiatan kedepan itu, bukan sekedar mengisi sumpah pemuda dengan dialog-dialog, diskusi-diskusi dari caffe ke caffe, tapi minimal kegiatan rill atau nyata mengenang perjuangan-perjuangan pemuda masa lalu di lapangan itu seperti apa, " harapannya.

Nurdin menambahkan, dan kami yakin bahwa kegiatan kami yang dimulai pada malam jelang pagi ini, cukup kecil dan tidak berarti apa-apa, mudah-mudahan ini membawa semangat baru untuk pemuda Tidore khususnya.

"Pada pamflet ini, ada teks sumpah pemuda dalam versi bahasa daerah Tidore, " ujarnya.

Berikut adalah isi teks sumpah pemuda versi bahasa daerah Tidore, yang ada pada pamflet:

Bobeto Fakici (Sumpah Pemuda)

Rimoi (satu). Fajongom nonau se fofaya Indonesia mangaku na bangsa rimoi bangsa Indonesia.

Malofo (dua). Fajongom nonau se fofaya Indonesia mangaku na na kie se gam rimoi kie se gam Indonesia.

Range (tiga). Fajongom nonau se fofaya Indonesia mo tede se saha bahasa marimoi bahasa Indonesia.

Sumber: http://indonesiasatu.co.id

MALUKU UTARA MALUT TIDORE TIKEP SUMPAH PEMUDA
ISWAN DUKOMALAMO

ISWAN DUKOMALAMO

Previous Article

RWQ Malut Gandeng Kejati Malut, Bakal Distribusi...

Next Article

Memudahkan Masyarakat Mendapatkan Pelayanan,...

Related Posts